Welcome to new blog all, ini posting gua pertama loh *bodoamatyak.. Btw untuk para pengemudi bikers gua pengen ngasih bocoran cara SERVIS MOTOR DIRUMAH, so lu gausah lah yang nama'a serpis di bengkel kaki lima..
1. O.L.I (Oooh Licin Iniii) mesin
Yak, emang berfungsi sebagai pelicin (tapi bukan pewangi, lu kira RA*IKA).
Namun apakah Anda tau bahwa oli bukan hanya sebagai media pelicin atau
pelumas antara part2 mesin yang bergesekan? Yah, ternyata oli juga
berfungsi sebagai peredam panas dan pengikat kotoran yang timbul ketika
parts mesin bergesekan.
Karena penting sangat, harus diperhatikan betul betul betul kondisi oli.
- Cek KUANTITAS oli dengan cara cek ketinggian oli di stik indikator
oli, jika kurang, wajib hukumnya untuk ditambah. Oli bisa berkurang
karena menguap maupun merembes ke ruang bakar (kalo piston sudah aus,
bisa dilihat asap putih yang keluar dari knalpot)
- Cek KUALITAS oli dengan melihat apakah oli sudah keruh, sudah
sangat encer, kalo udah jelek, wajib hukumnya untuk diganti. Rekomendasi
penggantian oli standar adalah 2000-3000Km, ambil tengahnya jadi 2500Km
aja. Emang nek oli2 full sintetik katanya bisa sampek 50.000Km. Tp yo
bulsit, kalau udah lebih dari 3000 ya performa turun (gigi sulit pindah,
suara berisik, tarikan jelek).
Jadi lebih baik pake oli yang biasa saja, tapi sering diganti
(daripade ente pusing2 nabung buat beli oli yang mahal, harus nyari oli
yang bagus itu apa, n ente harus coba2 oli kaya ane, tp hasilnya enol).
Mending pake yang menguntungkan bangsa dan kita (kita untung, bangsa
untung!, hehe).
2. A.K.I
Yak, aki merupakan komponen sangat venting yang sering disepelekan. Aki
menjadi alat vital (eh apa ya bahasanya, komponen yang sangat vital aja
ah) pada mesin yang menganut sistem pengapian DC. Jika aki bermasalah,
mesin juga bermasalah. Begitu juga sistem kelistrikan, lampu akan
menjadi tidak terang, klakson kaya bunyi kentut.
Tips penting merawat aki:
- Cek ketinggian air. Jika kurang, tambahkan air (H2O) INGAT BUKAN H2SO4!!!
- Cek tegangan, apakah di atas 12Volt. Jika jauh di bawah 12V, harus
disetrum (ambil arus dari SUTET aja biar cepet, cepet mati ente, :p )
- Pada pagi hari, gunakan kick starter supaya aki terisi listrik.
JANGAN paksakan memencet electric starter lebih dari 3 detik tanpa jeda!
dan JANGAN pencet lebih dari 3 kali jika memang mesin tak mau nyala.
Cek aki secara rutin, ideal sebulan sekali, tapi kalo males ya 3 bulan sekali gapapa lah.
Nih ada info rinci merawat aki
http://rikkytijawz.wordpress.com/2011/01/28/cara-merawat-aki-dan-memahaminya/
3. BUSI
Busi merupakan piranti penting juga di dalam kinerja mesin. Busi adalah
pemercik bunga api pembakar BBM di ruang bakar. Jika mesin batuk2,
tersendat2 kaya sakratul maut, jangan bingung, apalagi dibacain doa,
coba dicek kondisi busi.
- Bersihkan busi dari kotoran dan kerak yang menempel menggunakan bensin.
- Cek dan setel jarak elektroda busi ideal 0,7mm kayanya.
- Cek warna busi, apakah merah bata, putih berkerak, hitam berjelaga
atau hitam basah atau emas, eh tunggu, kalo warnanya emas coba ente bawa
ke bakul emas, tanyain emas betulan bukan,kekeke..
Idealnya, warna busi adalah merah bata, ini menunjukkan pembakaran yang baik dengan arti suplai bahan bakar dan udara ideal.
- Cek percikan api, apakah masih besar atau tidak. Caranya, pasangkan
busi pada chop busi, kemudian dekatkan ke blok mesin, lalu engkollah
kick starter atau pencet aja electric starter, jika masih memercik ya
masih agak bagus lah. Atau kalo mau cara ekstrim pegang aja tu busi
sambil di starter, bakalan terasa geli-geli tapi mungkin akhirnya nanti
mati, yang mati ente bukan businya, kekeke…
Kalo busi udah keliatan jelek atau meskipun udah dibersihin tapi mesin masih batuk2, ganti aja.
4. Karburator (konvensional) atau Throttle Body (injeksi/EFI)
Yak inilah bagian yang mempengaruhi performa motor, kalau piranti
pencampur dan pengabut udara dan bakar ini kotor, maka mesin tidak mau
teriak maksimal. So, BERSIHKAN jika kotor, jika tidak
mau repot membuka2, semprotkan saja CARBURETOR CLEANER (beli yang mahal,
jangan yang ecek2 apalagi esex2) ke venturi atau nama lainnya lubang
masuk karburator/throttle body dan ke lubang busi. Jangan lupa juga bersihkan filter udaranya dan gantilah jika sudah terlihat usang dan tidak bisa dibersihkan.
5. Cek rantai dan gear set (final gear n sprocket).
Cek dan atur kekencangan rantai. Berikut hukum pengaturan rantai:
- Jika rantai melambay2, kencangkanlah.
- Jika rantai kencangnya, lebay, kendurkanlah.
- Jika rantai kering, lumasilah. Pake chainlube lah jangan oli bekas lah (sedikit aja lah, jangan lebay2 lah).
- Jika rantai sudah tidak bisa disetel (jika diputar ada yang kencang
ada yang kendur), rantai bunyinya lebay dan gear sudah tajam2, maka
buanglah dan yang baru belilah.
Setelan rantai yang pas akan membuat rantai dan gear awet serta membuat perpindahan gigi empuk dan tarikan pas mantap.
Dengan 5 poin di atas motor Anda akan berasa baru terus, tapi itu
lagi2 tergantung cara panjenengan memperlakukan dan menggeber motor
Anda. Sayangi dan rawat motor Anda sebagaimana mereka telah membesarkan
Anda,,lhooo salah-salah…
Berikut cara menyayangi motor:
1. PANASKAN mesin sebelum motor diajak jalan2 ga
perlu lama, 1 menit sangatlah cukup. Tapi ada beberapa point penting
yang orang sering salah kaprah. Yaitu:
- Ga perlu lama, yang penting cara memanaskannya.
- TARIK CHOKE biar mesin mudah menyala dan supaya
piston mendapat suplai BBM yang cukup (piston yang miskin bensin akan
cepat rusak!!). Jika pada mesin yang sudah menganut sistem injeksi,
biasanya choke diaktifkan secara otomatis (terasa dengan langsamnya
mesin). tutup choke jika sudah tidak mbrebet atau dirasa cukup. Pada
choke otomatis, ia akan mati sendiri (kelangsaman kembali normal).
- Jangan geber2 motor saat memanaskan (merusak piston!), ini tidak perlu, cukup dichoke dan biarkan 1 menit.
- Hidupkan mesin pertama kali dengan engkol, bukan electric starter.
2. Lakukan akselerasi dan deakselerasi (buka dan tutup gas serta pengereman) secara lembut dan bertahap. Selain akan membuat BBM irit juga motor awet.
3. Pakai BBM yang sesuai dengan nilai kompresi mesin. Makin tinggi oktan belum tentu baik untuk mesin motor Anda.
Yaudah, selanjutnya, jangan lupa pompa ban, biar ga’ geemmbooosss.
Ganti sparepart yang rusak pake yang asli.
Demikian info dari gua, makasih udah mau berkunjung ke blog ini..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tolong jangan mengomentari hal yang tidak penting.